Kamis, 21 Mei 2015

Rahasia Double Winner dari Negeri Britania

Mungkin kalian sudah tahu bahwa pada musim 2014-2015 ini Chelsea menjadi double winner pada Capital One Cup (Piala Liga) dan Barclays Premier Leageu (EPL/Liga Inggris).
Team ini sangat luar biasa pada musim kali ini, selain ditukangi oleh manager handal yaitu Jose Mourinho, team ini diperkuat oleh beberapa pemain kelas atas, sebut saja John Terry, Garry Cahill, Matic, Hazard, Oscar, Fabregas dan Diego Costa. Selain mereka, team ini juga memiliki pemain muda yang sangat berbakat seperti Zouma dan Remy. Hal ini membuat Manager Chelsea (Jose Mourinho) mampu melakukan rotasi dengan sangat baik dan berpengaruh pada keseimbangan stamina team. Rahasia ini lah yang diterapkan pada Chelsea sehingga teamnya menjadi juara, terlebih pada awal musim mereka berhasil tidak terkalahkan selama 13 pekan secara beruntun. Namun pada dasarnya banyak orang yang tidak mengetahui peran penting yang dilakukan oleh staff dari balik layar, diantaranya

Steve Holland - Asisten Pelatih Tim Utama

Akibat kesuksesan tim cadangan musim lalu yang berhasil menjadi juara nasional, pelatih tim cadangan Steve Holland berkesempatan bergabung dengan tim senior, yang akhirnya menjadi asisten pelatih tim utama.
Steve menjabat pelatih tim cadangan pada Agustus 2009, setelah lima bulan menjabat sebagai Direktur Akademi di Stoke City.
Pelatih berusia 39 tahun ini bergabung di Chelsea dengan banyak pengalaman dalam hal pengembangan pemain, bertanggung jawab meneruskan sejumlah nama keluarga pemain terkenal selama hampir 17 tahun, di antaranya Crewe Alexandra, Danny Murphy, Seth Johnson, dan Dean Ashton.
Selama era pelatihannya di Gresty Road, yang dimulai pada 1992, Holland menjadi asisten mantan pelatih Chelsea, Dario Gradi—awalnya sebagai pelatih junior, kemudian sebagai direktur akademi, sebelum ditugaskan di tim utama pada awal musim 2007/08.
Ia meninggalkan Crewe pada akhir 2008 sebelum menangani Stoke pada April 2009, bergabung di Chelsea karena gaya kepelatihannya cocok dengan apa yang sedang diterapkan oleh klub.
Sebagai pesebakbola, Steve pernah mencatatkan namanya di klub Derby County dan Bury, namun cedera yang dideranya menghalangi kariernya bermain sepakbola, dan akhirnya ia berubah haluan menjadi pelatih.

Silvino Louro - Asisten Pelatih Tim Utama

Sangat berpengalaman dalam hal melatih kiper, Silvino telah menjadi bagian dari staf Jose Mourinho sejak masa kesuksesan mereka di Porto. Ia juga pernah bekerja bersama kiper-kiper tim nasional Portugal.

Di Chelsea, ia berperan besar terhadap cepatnya adaptasi Petr Cech di sepakbola Inggris dan bermain di klub besar. Rekor pertahanan baru di Premier League dicetak ketika kami memenangi gelar liga pada tahun 2005, diikuti dengan gelar liga selanjutnya di musim berikutnya.

Silvino meraih kesuksesan di manapun Mourinho bekerja, dan ia juga patut dipuji atas gemilangnya penampilan Julio Cesar saat Inter Milan memenangi Liga Champions pada tahun 2010.

Sebagai pemain, Silvino bermain sebagai kiper dalam lebih dari 400 pertandingan di liga Portugal dan bermain untuk Benfica pada final Kejuaraan Eropa tahun 1988 dan 1990.


 

Rui Faria - Asisten Pelatih Tim Utama

Seorang spesialis kebugaran pemain yang telah bekerja bersama Jose Mourinho selama bertahun-tahun, Rui lulus dari Universitas Porto dengan gelar sarjana ilmu olahraga setelah menyelesaikan sebuah tesis dalam hal sepakbola level tinggi dan melakukan penelitian di Barcelona.

Di klub Spanyol itulah ia bertemu Jose Mourinho, dan ketika Mourinho mengambil peran manajer di Uniao de Leiria di Portugal, ia meminta Rui untuk menjadi pelatih kebugarannya. Di Porto, mereka memenangi gelar liga berturut-turut dan juga Piala UEFA dan Liga Champions, dan gelar juara domestik pun bertambah menjadi empat dalam empat tahun dengan dua gelar beruntun Premier League di Chelsea pada 2005 dan 2006, dan juga dua gelar Piala Liga dan sebuah Piala FA di Inggris.

Rui kemudian melanjutkan pekerjaannya di Inter Milan dan Real Madrid ketika Mourinho pindah, dan membantu Inter memenangi gelar Serie A, yang diikuti dengan treble liga, piala domestik, dan Liga Champions.

Di Real, gelar Primera Liga dan Copa del Rey dimenangkan sebelum Rui ikut kembali ke Chelsea pada Juni 2003. Mourinho mendeskripsikannya sebagai 'tangan kanannya dalam hal metodologi, seorang yang mengerti informasi terbaik saya dan cara saya bekerja.'




tiga asisten pelatih inilah yang membantu Jose Mourinho memenangkan Piala Liga dan BPL

ingat selain mereka masih banyak lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar